May 21, 2024

Cara Mengatasi Aplikasi Force Close Windows 10, 8, 7 – Force close adalah kondisi dimana software tiba-tiba keluar dengan sendirinya. Pada umumnya masalah ini sering dialami oleh pengguna smartphone Android, namun bukan berarti pengguna Windows tidak mengalaminya. Kondisi ini memang bisa membuat Anda merasa bingung dan jengkel.

Bagaimana bisa? Jika Anda sedang melakukan aktivitas multitasking seperti melakukan sesuatu, bermain game atau membuka media sosial, aplikasi akan tiba-tiba keluar dengan sendirinya. Ketika Anda mengalami masalah aplikasi force close di Windows 11, 10, 8, atau 7 biasanya ditandai dengan beberapa pesan error yang muncul.

Diantaranya adalah program yang berhenti bekerja atau tidak merespons. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara Mengatasi Aplikasi Force Close windows 10, 8, 7. Dikutip dari plainsarahjayne

Cara Mengatasi Aplikasi Force Close Windows

Hentikan Semua Proses Pada Aplikasi

Solusi pertama yang perlu Anda lakukan saat aplikasi tiba-tiba force close adalah menghentikan semua proses aplikasi yang berjalan melalui Task Manager. Hal ini dilakukan agar tidak membebani penggunaan RAM dan CPU akibat aktivitas multitasking aplikasi, terutama pada aplikasi berat.

  • Pertama, klik kanan pada Windows Taskbar dan kemudian klik Task Manager.
  • Kemudian cari dan pilih aplikasi tersebut, lalu klik End Task untuk menghentikan program tersebut.
  • Jika sudah, maka Anda buka kembali aplikasi sebelumnya.

Restart Computer Atau Laptop Anda

Selanjutnya, Anda juga dapat me-restart komputer atau laptop Anda untuk memperbaiki masalah pada aplikasi tersebut. Solusi ini sangat efektif dan sering digunakan oleh pengguna Windows ketika terjadi masalah pada program aplikasi, misalnya aplikasi ditutup paksa atau aplikasi tidak bisa dibuka. Sehingga dengan melakukan restart maka sistem akan reload dan komputer akan berjalan lebih baik, sehingga dapat menjalankan aplikasi dengan lebih optimal dari sebelumnya.

Membersihkan File Temporary Windows

Solusi selanjutnya adalah membersihkan file-file sementara Windows. Sebenarnya keberadaan file-file tersebut sangat menguntungkan bagi pengguna Windows, namun banyaknya file-file sementara yang tersimpan di komputer atau laptop juga dapat berdampak negatif pada kinerja sistem.

Salah satunya adalah dapat membuat memori penuh, sehingga dapat menyebabkan aplikasi mati paksa secara tiba-tiba. Oleh karena itu, disarankan untuk membersihkan file-file sementara secara teratur.

Update Versi Aplikasi

Solusi berikutnya adalah Anda dapat mencoba memperbarui versi aplikasi. Terkadang error yang terjadi ini tidak hanya disebabkan oleh resource komputer atau laptop yang minim. Namun, ada kemungkinan aplikasi tersebut belum stabil. Jika memang demikian, Anda perlu memperbarui aplikasi (jika tersedia).

Demikian ulasan artikel tentang Cara Mengatasi Aplikasi Force Close Windows 10, 8, 7. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *